Senin, 23 November 2009

Pengertian Prosa

Beberapa pendapat para ahli mengenai prosa yaitu:
  1. Menurut pengantar sastra, Slamet Mulyana mengemukakan istilah prosa berasal dari bahasa latin "oratio provorsa" yang berarti ucapan langsung bahasa percakapan sehingga prosa berarti bahasa bebas, bercerita, dan ucapan langsung.
  2. Dalam buku Tifa penyair dan daerahnya, B. Jasin mengemukakan prosa itu pengucapan dan pemikiran bahasa dalam karangan ilmu pengetahuan karena berdasar pikiran dan menjauhi segala yang mungkin menggerakkan perasaan. Prosa yang bersifat sastra haruslah memenuhi syarat kesenyawaan yang harmonis antara bentuk dan isi, kesatuan yang serasi antara pikiran dan perasaan.
  3. Makna prosa secara etimologis ialah mengungkapkan apa yang dirasakan, diketahui, dan dimaksudkan pengarang yang langsung diucapkan dengan bahasa yang langsung dan bebas, tidak memerlukan bahasa yang rumit seperti pada puisi.
  4. Makna prosa secara umum adalah karangan bebas yang mengekspresikan pengalaman batin pengarang mengenai masalah kehidupan dalam bentuk dan isi yang harmonis yang menimbulkan kesan estetik. Bentuk artinya alat yang dipakai pengarang untuk mengekspresikan pikiran dan perasaannya seperti bahasa yang menimbulkan kesan estetik. Bentuk disebut juga teknik sastra. Sedangkan isi adalah segala yang hendak diugkapkan pengarang, berupa pemikiran, ide-ide, cita-cita, dan tafsiran peristiwa-peristiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar